A L U M N I S A F

MEDIA KOMUNIKASI PARA ALUMNI
TK - SD - SMP - SMA SALMAN AL FARISI
GURU - SISWA - KARYAWAN - ORANG TUA

Kamis, 06 Maret 2008

THE REAL FACT


KENYATAAN SEKITAR KITA
1. cocacola dulu berwarna hijau
2. nama yang paling umum digunakan di dunia adalah Mohammed
3. dalam bahasa inggris, semua nama benua diawali dan diakhiri dengan
huruf vokal yang sama.
4. otot terkuat yang ada di badan kita adalah lidah.
5. setiap orang di USA punya 2 kartu kredit!
6. TYPEWRITER adalah kata terpanjang yang dapat diketik dalam satu baris
tuts keyboard anda
7. perempuan ngedip dua kali lebih banyak dari pada laki-laki.
8. menahan nafas tidak akan membuatmu mati.
9. setiap manusia tidak dapat menjilat siku tangannya sendiri.
10. kalau ada orang bilang 'bless you' setiap kali ada yang bersin karena
memang setiap kali kau bersin, jantungmu berhenti satu milisecond.
11. secara fisik, setiap babi tidak bisa melihat ke langit.
12. ucapkan "sixth sick sheik's sixth sheep's sick" beberapa kali. nanti
anda akan mahir berbahasa inggris!
13. bersin terlalu keras dapat mematahkan tulang iga, memutuskan pembuluh
darah di kepala atau leher dan mengakibatkan kematian.
14. setiap raja dalam kartu remi melambangkan raja-raja besar jaman dahulu
kala:
raja sekop - raja daud
raja kriting - alexander agung
raja hati - raja charlemagne
raja wajik - julius caesar
15. 111,111,111 x 111,111,111 = 12,345,678,987,654,321
16. kalau ada patung orang naik kuda dan dua kaki depan kuda itu naik di
udara, itu tandanya orang itu mati dalam perang.
17. kalau kaki kudanya cuma satu yang diangkat berarti orang itu cuma
terluka dalam perang.
18. kalau semua kaki kudanya menjejak tanah, berarti orang itu meninggal
karena sakit.
19. apa persamaan rompi anti peluru, printer laser, tangga darurat dan
wiper mobil?
jawabannya: semua ditemukan oleh perempuan! ha!
20. satu-satunya makanan yagn tidak bisa busuk? jawaban : madu
21. buaya nggak bisa melet lidah.
22. siput bisa tidur selama 3 tahun
23. semua beruang kutub KIDAL!
24. American Airlines menghemat $40,000 tahun 1987 dengan cara mengurangi
1 buah olive dari setiap piring salad yang mereka sajikan untuk
penumpang
kelas 1.
25. indera perasa kupu-kupu ada di kaki
26. gajah adalah satu-satunya hewan yang tidak bisa lompat
27. selama 4000 tahun belakangan ini, jenis hewan yang dipelihara di rumah
cuma itu-itu saja.
28. rata-rata manusia lebih takut pada laba-laba daripada kematian.
29. shakespeare menemukan kata : "assassination" dan "bump"
30. dengan menggunakan cara mengetik 10 jari, STEWARDESSES adalah kata
terpanjang yang bisa diketik hanya dengan jari-jari tangan kiri.
31. semut selalu jatuh ke kanan setiap kali disemprot cairan anti hama
32. kursi listrik ditemukan oleh seorang dokter gigi
33. jantung manusia dapat menyemprotkan darah sejauh 30 kaki.
34. dalam 18 bulan, 2 ekor tikus bisa punya lebih dari sejuta anak tikus!
35. memakai headphone selama satu jam dapat menstimulasi perkembangan
bakteri dalam telinga sebanyak 700 kali lipat!
36. pemantik ditemukan sebelum korek api.
37. setiap lipstik mengandung sisik ikan.
38. seperti sidik jari, lidah manusia pun mempunyai kontur yang
berbeda-beda.

39. dan akhirnya, 99% orang yang baca tulisan ini pasti mencoba menjilat
siku tangannya.
Ha ha ha ha ha ha ha ha ha…………..

IKLAN : ASHKA

BIMBEL ASHKAMORE THAN A SOLUTION

Jl. Sadang Luhur IV No.2 Bandung
Untuk SD – SMP – SMA


Kelas*) Kapasitas Investasi/ bulan**) Pertemuan/ bulan
REGULER 20 Rp 200.000,00 8
SEMI PRIVATE 10 Rp 300.000,00 8
PRIVATE 5 Rp 350.000,00 8
IN HOUSE (Datang ke Rumah ) 5 Rp 350.000,00 + transport 8
*) Biaya pendaftaran Rp 20.000,00
**) Gratis uang pendaftaran bagi peringkat 10 besar di kelasnya

Tempat Pendaftaran :
Jl. Sadang Luhur IV, No.2, Bandung ,
Telepon : 022 - 2508779 atau
0815 6159 439
Website : www.bimbelashka.blogspot.com ,
email : bimbelashka@yahoo.com
Waktu Pendaftaran :
Setiap hari (kecuali Minggu),
pukul 08.00 – 17.00


TRY OUT SMP KELAS 3 SE KOTA BANDUNG AKAN DILAKSANAKAN TANGGAL 29 MARET 2008

Selasa, 04 Maret 2008

PUPPET

DUNIA WAYANG ADALAH DUNIA KITA

Lakon kehidupan manusia tergambar didalamnya
Peperangan memperebutkan sejumput kekuasaan
Pembunuhan terhadap sesama berharap kedigdayaan
Pensucian jiwa menghadirkan kebijaksanaan
Kisah cinta yang nestapa
berakhir tawa bagi yang dinaungi
dan berujung lara untuk sang pecundang
Perjuangan menggapai kesempurnaan hidup
Tingkah polah para patriot mengatasnamakan kemuliaan
Hasrat kekuasaan
Nafsu angkara
Bergumul dengan kearifan dan kejujuran

<< 00 >>
Kayon Jagad Gumelar
Gambaran sikap dan watak tokoh sungguh kentara
Kukuh, jujur, penuh cinta, legowo, naif, smart
Berbaur dengan
Sifat licik, beringas, munafik, kejam, ambisius, grusa-grusu Semua mengharu biru dalam semaraknya lakon
Dencing senjata beradu, pekak suara kasar saling menyahut
Tangis menusuk hati, senyum berbuncah, pekik menyayat
Berbaur mengaduk nuansa malam

<< 00 >>
Punakawan, Herjaka
Wayang adalah ibarat dunia kecil kita
Laksana gambaran kehidupan kita
Seakan bayangan yang nyata
Serasa kita ada didalamnya
Dan menjadi salah satu tokoh diantaranya
Maka jadikan kisah, tragedi, misteri, nyayian, pujian
Menjadi sebuah renungan
Dan hikmah teladan Limbuk & Petruk, Sukasman
Indahnya persaudaraan
Lihat Jagad Gumelar telah ada dihadapan kita

Senin, 03 Maret 2008

GEROBAK





SEJARAH KOMPUTER

A. Generasi Pertama  
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna ( general-purpose computer ), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken ( 1900-1973 ), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat ( ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan ) dan tidak fleksibel ( urutan kalkulasi tidak dapat diubah ). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer ( ENIAC ), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert ( 1919-1995 ) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann ( 1903-1957 ) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer( EDVAC ) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral ( CPU ), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I ( Universal Automatic Computer I ) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” ( machine language ). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum ( yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar ) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.
B. Sejarah perangkat lunak
Berikut adalah kronologi perkembangan perangkat lunak bebas.
Sebelum 1983
Komunitas perangkat lunak yang dapat dibandingkan dengan apa yang sekarang dinamakan komunitas perangkat lunak bebas telah lama muncul sebelum munculnya gerakan perangkat lunak bebas dan istilah "perangkat lunak bebas" itu sendiri. Menurut Richard Stallman, komunitas berbagi perangkat lunak di Massachusetts Institute of Technology ( MIT ) telah ada selama bertahun-tahun sebelum ia bergabung pada 1971. Contoh lain yaitu kelompok pengguna IBM 701, yang bernama SHARE, dan kelompok pengguna Digital Equipment Corporation ( DEC ), yang bernama DECUS. Pada waktu itu perangkat lunak kebanyakan dibuat oleh kalangan akademisi dan peneliti yang bekerja dalam kolaborasi dan belum dilihat sebagai sebuah komoditi. Sistem operasi seperti versi awal dari UNIX didistribusikan secara luas dan ditangani oleh komunitas. Kode sumber didistribusikan bersamaan dengan perangkat lunaknya karena pengguna-pengguna sering melakukan modifikasi untuk perbaikan bug atau untuk menambahkan fungsi-fungsi baru. Sehingga pada masa tersebut, perangkat lunak dapat disebut sebagai perangkat lunak bebas, bukan karena usaha dari pengguna atau pengembang untuk menjadikannya demikian, tetapi karena perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas pengguna.
Versi awal dari UNIX disebarkan secara gratis, tetapi versi awal ini tidak disertai dengan ijin untuk menyebarluaskan atau ijin untuk menyebarkan versi yang dimodifikasi sehingga tidak dapat dikatakan perangkat lunak bebas.
Pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, perusahaan-perusahaan memulai membatasi perangkat lunak melalui hak cipta. Hal ini disebabkan karena perangkat lunak-perangkat lunak tersebut berubah menjadi sumber pendapatan sebagai perangkat lunak tak bebas.
Beberapa perangkat lunak bebas dikembangkan sebelum 1983 dan terus digunakan sampai sekarang termasuk TeX dan SPICE.
Dimulainya GNU dan FSF (1983-1990)
Artikel utama: Proyek GNU
Pada 1983, Richard Stallman meluncurkan proyek GNU yang bertujuan untuk menulis sebuah sistem operasi yang lengkap dan yang kode sumbernya bebas digunakan oleh siapa saja. Beberapa insiden khusus yang memotivasi hal ini termasuk kasus dimana sebuah pencetak yang tidak bekerja dan tidak bisa diperbaiki penggunanya karena kode sumbernya tidak tersedia. Kasus terakhir adalah sengketa antara Stallman dan Symbolics, Inc.. Tidak lama setelah peluncuran proyek GNU, Stallman mempopulerkan istilah "free software" atau "perangkat lunak bebas" dan mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas untuk mempromosikan konsep tersebut. Definisi Perangkat Lunak Bebas kemudian dipublikasikan pada Februari 1986.
Pada 1989, versi pertama dari Lisensi Umum Publik GNU dipulikasikan. Versi 2-nya dipublikasikan pada 1991.
Pada 1989, beberapa pengembang GNU mendirikan perusahaan Cygnus Solutions[4] yang bertujuan untuk menyediakan dukungan komersial atas produk perangkat lunak bebas. Cygnus Solutions akhirnya mengumumkan merger dengan Red Hat pada 15 November 1999.
GNU+Linux ( 1991 )
Pada 1992, sebuah kernel yang dimulai oleh Linus Torvalds pada tahun sebelumnya dirilis sebagai perangkat lunak bebas. Pada waktu itu, proyek GNU telah menghasilkan atau mengintegrasikan semua yang diperlukan sebuah sistem operasi kecuali sebuah kernel. Kombinasi Linux dan sistem GNU menciptakan sistem operasi bebas dan lengkap yang pertama sejak 1983. Lihat pula: Kontroversi penamaan GNU/Linux.
Free BSD ( 1993 )
Pada 1993, FreeBSD dan NetBSD dirilis sebagai perangkat lunak bebas. Keduanya berasal dari 386BSD. OpenBSD kemudian dikembangkan dari NetBSD pada 1995.

C. Perangkat keras


Bagian papan induk ( motherboard ) dari suatu perangkat keras komputer
Perangkat keras komputer ( hardware ) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak ( software ) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, ( PC ) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
Papan sistem / papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
Buses:
Bus PCI
Bus ISA
USB
AGP
ROM ( Read Only Memory ) di mana firmware diletakkan
CPU ( Central Processing Unit ) sebagai otak dan bagian utama komputer
Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk ( atas-papan ) atau di kartu tambahan
Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
Pengontrol komputer bus ( paralel, serial, USB, Firewire ) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
Beberapa jenis penyimpanan komputer:
CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
CD-ROM
CD-RW
CD-R
DVD
DVD-ROM
DVD-RW
DVD-R
Floppy disk
Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
Disk array controller
Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
Input
Keyboard
Alat penunjuk
Mouse
Trackball
Joystick
Gamepad
Scanner gambar
Webcam
Tablet Grafis
Output
Printer
Speaker
Monitor
Jaringan/Networking
Modem
kartu network