A L U M N I S A F

MEDIA KOMUNIKASI PARA ALUMNI
TK - SD - SMP - SMA SALMAN AL FARISI
GURU - SISWA - KARYAWAN - ORANG TUA

Selasa, 16 Desember 2008

Fahmi Machda ( Machmud-Ida )


Fahmi Machda
Surabaya, 16 Mei 2005
Wawancara dengan Fahmi*

Assalamu?alaikum, Mas Fahmi boleh nanya?
Wa?alaikum Salam Wa Rahmatullah Wa Barokatuh, Boleh?

Setelah lahir di Dunia, Apa yang Anda mau?
18 tahun lalu di Bandung, pengorbanan yang besar telah membuat aku lahir ke dunia. Seorang manusia yang telah ditakdirkan ? mau tidak mau - untuk menjadi kholifah di muka bumi. Entah apa bentuk konkretnya. Yang jelas sekarang saya masih tetap mencari bentuk terbaik untuk menjadi kholifah. ?Sekarang? bukan pada waktu tulisan ini aku tulis, tetapi di waktu saudara membaca.

Bagi saya sendiri, bentuk terbaik adalah yang sekarang saya hadapi. Dengan bentuk itu saya menanamkan pada diri ini, saya bisa beribadah lebih kepada Allah di sini. Memang sih baru -baru saja paham kalau hidup ini adalah ibadah kepada-Nya. Jika kita sudah benar meyakini kalau hidup ini hanya untuk Allah, maka kita akan selalu mencari ridho Allah. Jika kita sudah meyakini suatu bentuk yang Allah ridhoi, maka kita akan bersungguh-sungguh melakukan yang terbaik untuk menyempurnakannya.

Bentuk, apa yang Anda maksud dengan itu?
Saya bisa beri contoh kepada saudara. Pada tanggal ini saya adalah anak laki-laki dari orang tua saya, mahasiswa Planologi ITS, Lulusan Pesantren Assalaam Solo, dan Wartawan ITS Online. Bentuk adalah semuanya yang saya sebut tadi dan segala macam hal yang dihasilkan atau berkaitan dengan bentuk awalnya.

Misalnya, bentuk pertama adalah anak laki-laki dari Orang tua. Alhamdulillah sampai hari ini Ibu dan Bapak saya masih sehat. Kakak dan dua adik saya insya Allah juga masih sehat. Tanggung jawab seorang anak laki-laki kepada orang tuanya yang masih hidup adalah bentuk lain yang berkaitan dengan bentuk yang pertama. Juga menjaga persaudaraan antara kakak dan adik saya juga termasuk bentuk lainnya dari yang pertama.

Kita semua sudah paham bahwa bentuk yang pertama adalah Allah yang menentukan dan sudah tentu Allah juga langsung meridhoi. Salah satu cara menyempurnakannya adalah dengan menjadi anak yang sholeh agar nantinya bisa menjadi amal jariyah bagi kedua orang tua. Untuk bentuk lainnya, bisa kita cari sendiri cara menyempurnakannya, tentu saja harus memohon petunjuk dari Allah. Cara mendapatkannya, insya Allah dengan mendekatkan diri pada-Nya dengan Sholat Tahajjud dan Istikhoroh.

Mahasiswa Planologi ITS, mengapa Anda memilih jurusan itu? Dan kenapa di ITS?
Saya lahir di Bandung, sampai kelas 6 SD Islam Salman Al-Farisi. Lalu saya merantau ke Solo sampai lulus SMA. Saat kembali ke Bandung, saya merasakan banyak yang berubah di sana, makin panas kalau siang dan makin dingin kalau malam serta makin kotor. Bahkan sekitar sebulan lalu, kotornya kota Bandung terungkap dengan longsornya sampah di TPA Leuwi Gajah.

Sebagai tanah kelahiranku yang berubah semakin jelek khususnya dalam masalah kebersihan, saya teramat sedih. Saya sempat tertarik jurusan Teknik informatika, Teknik Kimia, bahkan Desain Grafis. Tapi saya berpikir, apa masalah yang ingin saya segera hadapi? Saya menjawab dalam diri saya, kota Bandung yang kotor dan tidak tertata. Juga sekarang saya melihat masalah yang lain tapi hampir serupa, yaitu Kota-kota di Aceh yang terkena tsunami. Saya memilih Planologi karena ingin membersihkan Kota Bandung, kota di Aceh, dan wilayah lainnya.

Saya memilih kampus ITS, yang pertama karena saya sudah berjanji dalam surat lamaran PMDK saya untuk menggunakan kesempatan menjadi mahasiswa ITS dengan sebaik-baiknya, dan saya melaksanakan janji saya. Juga saat itu, pamor ITS lagi naik di Jawa Tengah, mulai dari berita menang Kontes Robot sampai menang Marine Challenge. Sedangkan pada saat yang sama kampus lain tidak bergema. Dan insya Allah, Allah sudah menentukan yang terbaik bagi hambanya, kita semua.

? ? ?, (bingung mau nanya apa ?)
udah abis ya pertanyaanya?, kalau mau nanya lebih banyak, bisa kirim email ke greleaf@yahoo.com. Juga kalo mau liat karya desainku untuk menunjukan ketertarikan saya di bidang grafis, bisa dilihat di www.geocities.com/greleaf juga buka www.machda.com situs grafis karya-karya kakak saya.

Insya Allah nanti saya liat. Makasih banyak ya, sudah mau jawab pertanyaan saya,
Alhamdulillah, sama-sama. Tapi kalau ada yang salah atau kata-kata menyakitkan maafin Fahmi ya...
*Fahmi Machda 3604100010

Sumber : Redaksi ITS Surabaya

Tidak ada komentar: